ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Kenapa Website Perlu SEO ? | BERBAGI KODE BLOG

Kenapa Website Perlu SEO ?

Kenapa Website Perlu SEO ? itu pertanyaan yang ada di benak saya dan sering dipertanyakan oleh para pebisnis internet,Kali ini Berbagi Kode Blog  akan menjawab semua itu.
Tahukah Anda bahwa hampir 80% bisnis online gulung tikar pada tahun pertama. Hal ini disebabkan pemilik website tidak menaruh perhatian pada promosi. Rata‐rata para pemilik website menganggap dengan memiliki website maka selesailah sudah, pengunjung akan datang dari segala penjuru dunia ke website mereka dan melakukan transaksi sehingga bisnis dapat terus berkembang.
Namun nyatanya tidak demikian. Memiliki website adalah sebuah langkah awal. Langkah selanjutnya adalah melakukan optimalisasi agar website tersebut dapat bersaing di dalam search engine utama, khususnya Google.
Dibutuhkan kerja keras agar website dapat bersaing di internet dan mulai menghasilkan uang (keuntungan). Idealnya bagi pebisnis online tahun pertama adalah tahun untuk promosi.
Tahun kedua adalah tahun untuk mulai berkembang, dan tahun ketiga dan seterusnya adalah saat untuk mulai menuai keuntungan dan berekspansi.

Tidak ada yang instan di dunia ini, termasuk di dalam bisnis online. Meski memang harus diakui bisnis online memberikan begitu banyak kemu‐ dahan dan peluang, namun tetap dibutuhkan kerja keras, terutama untuk promosi.
Bagaimana? Apakah Anda adalah pemilik bisnis online yang siap untuk bekerja keras dalam mempromosikan website Anda?
Jika jawabannya adalah IYA! Maka Anda sudah mengambil langkah lanjutan.


A. Pengertian SEO
Apa yang digunakan oleh pencari informasi untuk menemukan sebuah informasi dari dunia maya? Jawabannya adalah search engine atau mesin pencari. Para pencari informasi akan mengetikkan serangkaian kata kunci atau Keyword untuk mencari informasi yang dibutuhkan, kemudian mesin pencari akan memberikan hasil pencariannya.
Jika sebuah website dapat menempati urutan terbaik, yaitu Top 20, di mana hasil pencarian dengan keyword tertentu berhasil menempati halaman 1 dan 2, maka kesempatan untuk dikunjungi akan terbuka lebar.
Makin banyak pengunjung yang datang ke website Anda, maka peluang untuk melakukan penjualan makin terbuka lebar. Makin banyak orang yang mengetahui keberadaan website Anda, maka brand perusahaan akan makin terbuka lebar. Makin banyak orang yang mengetahui keberadaan produk atau layanan jasa yang Anda tawarkan, maka kesempatan untuk menjaring pelanggan pun akan makin terbuka lebar.
Agar website Anda dapat menempati urutan terbaik, yaitu Top 20, maka diperlukan teknik optimalisasi. Teknik optimalisasi itulah SEO. Jadi, dapat disimpulkan SEO adalah serangkaian teknik optimalisasi website untuk menempatkan website pada hasil pencarian terbaik di search engine.
Banyak sekali teknik SEO, namun dalam buku ini Anda akan mempelajari teknik SEO Natural. Yaitu teknik SEO yang aman dan ramah terhadap search engine sehingga website terhindari dari banned. Teknik yang disajikan di dalam buku adalah teknik melakukan optimalisasi pada meta tag SEO dan pengoptimalisasian konten website.
Seperti namanya, yaitu teknik SEO Natural, maka teknik ini memerlukan waktu untuk mendapatkan hasil. Setidaknya dibutuhkan 3 bulan untuk sebuah website dapat mulai mendapatkan posisi terbaik dari hasil pencarian.
Banyak sekali teknik yang dapat mempercepat penempatan posisi sebuah website, namun teknik‐teknik tersebut tidaklah aman. Cepat atau lambat, sistem search engine akan mengetahui dan kemudian mulai melakukan de‐indexing sampai banned terhadap website sehingga tidak dapat ditemukan lewat mesin pencari tersebut.

Bayangkan, jika website Anda terkena banned oleh Google, maka hilanglah pengunjung potensial. Tak ada cara lain bagi website yang sudah terkena banned oleh Google, terkecuali membuat website baru menggunakan nama domain yang baru.


B. Cara Mengecek Sebuah Website yang DiBanned oleh Google
Anda dapat mencek sebuah website yang di‐banned oleh Google dengan cara yang mudah. Jika website Anda sudah menempati posisi bagus namun tiba‐tiba menghilang dari daftar pencarian, atau ketika Anda memasukkan nama domain pada search Google dan hasil pencarian tidak menunjukkan adanya website, maka ada 2 kemungkinan. Website Anda masuk ke dalam SandBox Google atau website Anda terkena banned.
  • Masuk ke dalam website http://www.seomastering.com/google‐banned.php  untuk memulai melakukan pengecekan.
  • Pada kolom Website URL, isi dengan alamat domain Anda.misal : http://berbagikodeblog.blogspot.co.id
  • Pada kolom Image Verification, isikan sesuai dengan gambar yang diberikan oleh sistem captcha website tersebut.
  • Kemudian klik tombol .CONTINUE
Banned Google
  • Tunggu sampai proses pengecekan selesai. Anda akan melihat hasilnya, apakah website tersebut di banned atau tidak, oleh Google.
Hasil Banned Google
  • Dan jika website Anda tidak terkena banned, kemungkinan website tersebut sedang masuk ke Google SandBox.

C. Google SandBox
Jika Anda mencari pengertian dari Google SandBox di Google, maka akan banyak sekali interpretasi. Google sendiri tidak pernah menjelaskan tentang apa itu Google Sandbox. Tetapi menurut pemahaman saya, Google Sandbox adalah tempat pengecekan sebuah website dengan lebih teliti. Alias tempat Google mengospek sebuah website, yang kemudian dari data‐data selama masa ospek itu, Google menentukan posisi website di dalam hasil pencarian dengan keyword tertentu.
Biasanya website‐website yang dimasukkan ke dalam Google Sandbox adalah website yang baru, dengan alasan over optimalisasi, meski tidak‐ lah selalu benar.
Pengertian over optimalisasi adalah, di mana sebuah website tiba‐tiba mendapatkan optimalisasi berupa pengisian keyword‐keyword di dalam meta tag SEO‐nya.
Di dalam Google Sandbox inilah, sistem Google melakukan pengecekan lebih jauh lagi terhadap website, apakah website menggunakan SEO Jahat atau Black Hat SEO. Atau website menggunakan SEO natural. Bagi Anda yang menggunakan teknik SEO natural, tidak perlu khawatir. Tetap lakukan optimalisasi yang dibutuhkan website. Maka setelah rentang waktu tertentu, website Anda akan dikeluarkan dari Sandbox dan akan mendapatkan posisi yang bagus.
Meski website sudah mendapatkan posisi yang bagus, usia domain dan jumlah dari backlink akan sangat berpengaruh pada penempatan posisi pencarian. Selama usia di bawah 1 tahun, sebuah website kemungkinan masih akan terkena Google Dance.

D. Google Dance
Google Dance adalah istilah yang diberikan oleh para praktisi SEO terhadap sistem Google, di mana Google masih menaikkan atau menurunkan posisi hasil pencarian sebuah website.
Jika tiba‐tiba hasil pencarian website Anda merosot terhadap kata kunci tertentu, jangan langsung berkecil hati, bisa jadi website terkena Google Dance. Yang perlu Anda lakukan adalah tetap melakukan optimalisasi dengan melakukan update terhadap isi website. Biasanya menggunakan artikel khusus untuk kebutuhan SEO, dan tetap melakukan upaya backlink natural.


Jadi keuntungan SEO yaitu Sebuah website yang mendapatkan urutan terbaik dalam hasil pencarian di mesin pencari, terutama Google maka akan mendapatkan jumlah kunjungan potensial. Di mana tentu saja kemungkinan untuk melakukan penjualan makin terbuka lebar.


Semoga bermanfaat untuk para pebisnis Kenapa Website Perlu SEO ?.

0 Response to "Kenapa Website Perlu SEO ?"